Friday, August 7, 2009

Blog 'Nur Din M Top', Jangankan Pemilik, Lacak Trafiknya pun Sulit


Kamis, 30/07/2009 12:20 WIB, detikinet.com
Jakarta - IDSIRTII,
Siapa pemilik blog yang memuat pengakuan 'Nur Din M Top' masih misterius. Melacak blog yang bernaung di blogspot ini memang sulit. Jangankan siapa pemiliknya, untuk mencari tahu besar trafik ke blog yang beralamat di http://mediaislam-bushro.blogspot.com ini pun tak semudah yang dikira.

IGN Mantra, Analis Senior Keamanan Jaringan dan Pemantau Trafik Internet ID-SIRTII mengatakan, cara kerja ID-SIRTII dalam memantau trafik internet itu berdasarkan sensor. Namun sensor yang mereka tangkap itu dari pengguna internet lokal. "Seperti blognya 'Nur Din' itu siapa yang mengakses," tukasnya.

Namun, lanjut Mantra, untuk mengetahui berapa besarnya hit di trafik blog tersebut sayangnya tak bisa diketahui ID-SIRTII. Sebab, blog itu bernaung di layanan luar, yakni blogspot. "Nah, kita gak punya sensor untuk yang di luar, kita hanya bisa melacak alamat IP yang mengalir ke sana," ia menjelaskan kepada detikINET, Kamis (30/7/2009)

Jadi lengkaplah sudah kesulitan dalam melacak blog misterius ini. Jangankan melacak siapa pemiliknya , melacak trafiknya saja sudah sulit. Bisa saja meminta bantuan blogspot -- selaku penyedia layanan tempat blog itu bernaung. Namun, tetap saja identitas yang diberikan ketika mendaftar itu anonymous atau dipalsukan.

Blog ini sendiri ketika mulai marak diberitakan kemarin langsung dijejali pengunjung yang penasaran. Tak tanggung-tanggung, berdasarkan pemantauan detikINET, hingga pukul 11.30 WIB, Kamis (30/7/2009), jumlah komentar yang masuk hampir tembus 1000 postingan.

Isinya? Jangan ditanya, lebih banyak yang mengutuk aksi pengeboman yang mengguncang Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton itu. ( ash / faw )