Friday, August 7, 2009

Dedemit Maya Tak Tertarik Usik Pilpres?


Senin, 13/07/2009 09:03 WIB, detikinet.com,
Jakarta - ID-SIRTII,
Trafik internet indonesia dikatakan cukup unik. Pergerakan bawah tanah yang memborbardir infrastruktur internet Indonesia biasanya juga bergantung pada event-event tertentu yang meramaikan Tanah Air.

Seperti saat ramai tentang sengketa Pulau Ambalat, Manohara, fenomena Obama, pemilu legislatif, kematian Michael Jackson, dan yang paling update adalah pemilu presiden. Semua hal itu akan menaikkan jumlah serangan infrastruktur internet Indonesia.

Namun menurut Analis Senior tentang Keamanan Jaringan dan Pemantau Trafik Internet ID-SIRTII, IGN Mantra CEH, dari hasil pemantauan trafik untuk serangan infrastruktur internet Indonesia pada saat pilpres 8 Juli kemarin ada penurunan sebesar rata-rata 20% dari event yang lain yang biasanya terjadi rata-rata 1 juta serangan perhari.

Sementara untuk pilpres kemarin total serangan yang terjadi sebanyak 807.062 kali dan didominasi oleh ISP terbesar di Indonesia yang terkena serangan tersebut berjumlah 277.548 kali.

"Hal ini mungkin disebabkan karena aktivitas hacker itu sendiri untuk tidak melakukan penetrasi serangan bisa jadi malah si hacker sedang memonitor hasil pilpres, hal yang lain mungkin disebabkan event ini (pilpres-red.) tidak terlalu menarik dan tidak menguntungkan bagi si hacker," jelasnya kepada detikINET, Senin (13/7/2009).

Sementara model serangan yang dijalankan pada saat pilpres kemarin adalah para dedemit maya mencoba dengan model serangan yang lain, seperti http_inspect: NON-RFC DEFINED CHAR mencapai 22%.

"Dengan kata lain hacker mencoba untuk memasukkan password admin kepada system dan DDOS attacking yang akan dapat mengganggu kinerja system bahkan dapat melumpuhkannya bila tidak segera diatasi," pungkas Mantra.
( ash / ash )

No comments: