Friday, August 7, 2009

Perkuat Pertahanan, Indonesia Gabung Tsubame Project


Selasa, 14/07/2009 11:45 WIB, detikinet.com,
Jakarta - IDSIRTII,
Jumlah serangan internet dunia dikatakan semakin lama semakin meningkat. Indonesia pun diajak untuk memperkuat pertahanan cyber-nya dengan bergabung dengan Tsubame Project. Kelompok apa itu?

Dikatakan IGN Mantra, Analis Senior Keamanan Jaringan dan Pemantau Trafik Internet ID-SIRTII, ajakan tersebut dilontarkan oleh delegasi Japan Computer Emergency & Response Team/Coodination Center (Japan CERT) yang kemarin berkunjung ke pusat monitoring trafik internet ID-SIRTI.

"Tsubame Project sebuah proyek non profit yang beranggotakan lebih dari 30 CERT (pengawas internet-red) dunia yang bertugas untuk memonitoring serangan internet dunia, koordinasinya dipusatkan di Jepang," jelasnya kepada detikINET, Selasa (14/7/2009).

Tawaran itu pun lantas disambut dengan tangan terbuka oleh Ketua ID-SIRTII Richardus Eko Indrajit. Sebab, diyakini, dengan bergabungnya Indonesia ke dalam Tsubame Project maka pertahanan cyber Indonesia akan menjadi lebih kuat dengan mendapat sokongan dari negara lain.

"Jika diserang, tidak hanya Indonesia sendiri yang mempertahankan, tetapi juga mendapat bantuan tenaga, konsultasi dan berbagai aplikasi secara gratis untuk saling berkoordinasi dengan masyarakat CERT dibelahan dunia manapun," pungkas Mantra. ( ash / faw )

No comments: