Thursday, September 30, 2010

Tips Agar Terhindar Dari Pembajakan Akun

Info Teknologi

02 Juli 2010, 14:51:37| Laporan Eddy Prastyo
Tips Agar Terhindar Dari Pembajakan Akun

suarasurabaya.net| Maraknya penipuan dengan modus pembajakan akun Yahoo Messenger, e-mail, dan Facebook di Surabaya belakangan ini sebenarnya bisa dihindari kalau pemilik akun sadar bahwa akun mereka tidak aman jika tidak dikelola dengan benar.

IGN MANTRA Manager Operation and Security Department Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure (Id-SIRTII) pada suarasurabaya.net, Jumat (02/07) menyampaikan sejumlah tips agar akun tidak mudah dibajak.

1. Buat password sepanjang mungkin. Semakin panjang password maka probabilitas dibongkar akan semakin kecil. Dengan logika matematika permutasi, maka deretan 10 angka akan lebih sulit dibobol dibandingkan dengan deretan 3 angka.
2. Kombinasikan password dengan angka dan karakter. Probabilitas kombinasi angka dan karakter lebih sulit dibongkar dibandingkan hanya angka saja atau karakter saja.
3. Agar password lebih mudah diingat oleh pemiliknya, gunakan angka atau karakter yang mudah dibaca. Misal : 4r13lp3t3rp4n, dimana karakter vokal diganti dengan angka sehingga bisa dibaca arielpeterpan.
4. Ketik password anda dengan cepat sehingga orang tidak sempat mengintip dan menghapalnya.
5. Sering ganti password.
6. Gunakan tools password management guna memudahkan membuka banyak akun dalam sekali kelola.
7. Jangan simpan password anda dalam HP atau laptop.
8. Aktifkan opsi password login laptop anda.
9. Pasang anti virus dan anti spam yang terupdate pada laptop anda.
10. Jangan gunakan komputer di tempat umum untuk membuka akun anda. Ini termasuk komputer di warnet atau di kantor yang digunakan lebih dari satu orang.
11. Jangan sembarangan mengunduh aplikasi di internet karena mungkin saja aplikasi itu menanamkan program trojan untuk mengintip dan mencuri password serta username kita.(edy)

No comments: