Monday, December 13, 2010

Andi Arief Minta Pembajak Akun Twitternya Diusut


Kamis, 25/11/2010 09:40 WIB
Andi Arief Minta Pembajak Akun Twitternya Diusut

Irwan Nugroho - detikNews


Jakarta - Akun twitter Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial Andi Afief dibajak. Andi pun kaget akun kesayangannya itu dijahili penjahat cyber.

Staf Andi, A Supriyanto mengatakan, Rabu (24/11/2010) malam, ia masih bersama Andi di kantor untuk memantau isu adanya gempa bumi di Bengkulu. Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi, keduanya pulang.

Sebelum meninggalkan kantor, Andi yang memang hobi twitteran ini masih mem-posting informasi mengenai kondisi aktual Gunung Bromo. Sekitar pukul 04.00 muncullah kabar tidak menyenangkan itu.

"Pukul 04.00 WIB saya sampai di rumah. Lalu teman saya sesama aktivis menelepon kalau akun twitter beliau (Andi) dibajak," kata Supriyanto kepada detikcom, Kamis (25/11/2010).

Supriyanto pun tidak menunggu waktu lagi untuk memberi tahu bosnya. Menurutnya, Andi kaget bukan kepalang mendengar akunnya, @AndiAriefNew, dibajak.

"Ya, beliau kaget. Lalu mencoba untuk membuka twitternya tidak bisa. Jadi pelaku menyerang password, sehingga twitter tidak bisa digunakan lagi," ujar Supriyanto.

Supriyanto menambahkan, Andi meminta agar pelaku pembajakan akun twitternya diusut.

"Beliau tanya-tanya kepada teman-teman yang tahu secara teknis dan meminta bantuan untuk mencari pelakunya," tutup Supriyanto.

Seperti diketahui, akun twitter Andi Arief dibajak dedemit maya sekitar pukul 04.00 WIB. Di time line-nya terposting kalimat-kalimat yang tidak sewajarnya muncul dari Andi selama ini.

Berikut contoh-contoh kalimat yang ada di akun twitter Andi:

1. "Kkkkkkkkkkkkkkkkkk"

2. "Rasain lu stafsus,"

3. "Mau diapain lu stafsus biang bencana ha"

4. "Banyak bacottttt"

5. "Bedebek wek kekok jagoan tengik ngi"

Pelaku juga men-tweet kalimat-kalimat yang mengandung muatan informasi bencana, namun bersifat meledek Andi, seperti, "Merapi eror, bromo dingin hak hak" dan"Besok jakarta tsunami."

Analis senior keamanan jaringan dan pemantau trafik Internet Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), IGN Mantra menyarankan untuk mengganti semua akun dan password yang dimiliki oleh Andi.

Dijelaskan dia, si pembajak kemungkinan membaca user id dan password milik Andi di tempat lain. Misalnya saja di akun yahoo atau gmail yang tidak lagi dipakai. Setelah mengetahui user id-nya, si pembajak lantas menebak password-nya.
(irw/irw)

No comments: