Sunday, June 12, 2011

SDM Jadi Celah Terlemah Keamanan Informasi

Selasa, 31/05/2011 09:09 WIB
SDM Jadi Celah Terlemah Keamanan Informasi
Penulis: IGN Mantra - detikinet

Pada minggu lalu telah berkumpul para ahli bidang keamanan informasi dalam sebuah seminar yang memfokuskan pada topik 'Arsitektur dan Keamanan Informasi Pelanggan'.

Topik ini menjadi pilihan acara yang diprakarasai oleh ID-SIRTII, Kominfo, JPCERT/CC dan salah satu kampus terbesar di Indonesia Timur yakni ITS Surabaya.

Seminar ini dijejali lebih dari 200 audiens yang berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari industri internet, perbankan dan finansial, pemerintah, BUMN, ditambah dengan akademisi. Para pembicara yang tampil pun tak kalah kompeten di bidangnya seperti ID-SIRTII, ECCOUCIL, ITS Surabaya dan JPCERT.

Pembicara menyampaikan satu persatu materi pembahasannya. Namun sepertinya topik sumber daya manusia (SDM) menjadi bahasan paling menarik karena SDM dianggap sebagai sisi terlemah dari keamanan informasi.

Hal ini menjadi fokus pembahasan karena manusia tidak ada patch-nya seperti halnya perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Mungkin saja update terus menerus diberikan kepada para engineer keamanan informasi perusahaan tanpa memikirkan bidang lain SDM di perusahaan tersebut, sehingga para hacker akan mencari titik terlemah dari sisi security perusahaan ini. Seperti SDM marketing, pelayanan, resepsionis dan masih ada beberapa SDM lain yang tidak sempat di-update oleh perusahaan tersebut.

Untuk itu SDM merupakan aset penting yang harus dijaga dan di-update terus menerus, minimal mereka diberikan tools dan knowledge untuk menjaga seluruh aset perusahaan, dengan minimal mengganti password setiap bulan.

Selain itu pula pembekalan kamera CCTV untuk mengawasi orang-orang yang lalu-lalang, daftar tamu untuk menerima dan menolak tamu yang tidak ada dalam daftar, tidak mudah percaya kepada siapapun yang akan masuk dan keluar perusahaan, serta melaporkan seluruh keganjilan ini kepada yang berwenang juga bisa menjadi pilihan.

No comments: