Tuesday, April 11, 2017

Mengapa Electronic Health Records atau Electronic Medical Records bernilai bagi pelaku Cyber Criminals ?

Melindungi data catatan kesehatan elektronik atau Eletronic Medical Record (EMR) tidak mulai dengan munculnya aturan dalam undang-undang HIPAA -  the Health Insurance Portability and Accountability Act of 1996, Asuransi Kesehatan Portabilitas dan Akuntabilitas 1996 - seperti banyak orang pikirkan.

Melindungi catatan kesehatan (EMR) telah menjadi persyaratan penting dalam ruang kesehatan sejak komputer menjadi perlengkapan data elektronik di rumah sakit. Namun, HIPAA menambahkan laporan masyarakat tentang denda yang dikeluarkan untuk kegagalan dalam entitas tertutup untuk melindungi data yang benar (valid) yang terkandung dalam EHRs atau EMR.

Banyak orang beranggapan bahwa data EHR memiliki nilai dibatasi untuk pengguna (user) yang tidak sah. (Siapa yang peduli tentang hasil tes darah saya, atau bahwa saya hanya mengunjungi dokter kulit saya?) Memahami nilai mereka tersebut cukup sederhana.

Selain informasi kesehatan pribadi, atau PHI, EHRs mengandung nomor Jaminan Sosial, yang tidak pernah berakhir (expired) - dan penggunaan data untuk cybercriminal dari SSN yang tidak mudah terdeteksi.

selanjutnya dapat dibaca di :

http://www.technewsworld.com/story/84417.html

49 comments:

Unknown said...

Saya yang bernama Yadi Setiyadi dengan NPM 4514210063, akan menjawab pertanyaan tentang:
• Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawab : dikarenakan salah satu manfaatnya dari EMR tersebut bisa untuk pengaruh dibidang kesehatan, seperti mendukung dan mensupport pelayanan dari rumah sakit.

• Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat
negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?,contoh :President/Menteri atau
Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : fenomena tentang kebocoran informasi dari EMR ini sangat merugikan bagi pihak-pihak terkait seperti pada contoh yang disebutkan diatas. dikarenakan merugikan adalah EMR tersebut merupakan bagian dari bidang kesehatan , jadi apabila informasi EMR bocor , bukan tidak mungkin dari beberapa pihak yang merupakan pihak kontra dari suatu pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi dapat dimanfaatkan dengan tindak kejahatan yang ingin mencelakakan pihak-pihak terkait.

• Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama
Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : dibuatkanlah lingkup ruang khusus bagi pihak yang menjaga dari informasi EMR tersebut, dan dipilih lah pihak-pihak yang mampu menjaga kerahasiaan dari EMR tersebut.

• Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : mungkin saja ada, atau bahkan mungkin harus diadakan , mengingat bahwa dari EMR tersebut dapat disimpulkan beberapa informasi mengenai informasi pengguna EMR tersebut.

• Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses
dimanapun ?
Jawab : menurut saya , perlu. mengapa saya bisa mengutarakan perlu dikarenakan beberapa informasi seseorang dapat di simpan di EMR . dan untuk menjaga sebuah kerahasiaan tersebut harus dengan data pribadi yang valid dari pengguna EMR tersebut agar tidak terjadi penggunaan informasi yang tidak diinginkan.

Rizky said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Rizky said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210054-Rizki Firmanda

1. Medical Records(EMR) adalah Rekam kesehatan berbasis elektronik yang memungkinkan akses yang luas menyeluruh dan tepat waktu untuk mendapatkan informasi kesehatan bagi petugas kesehatan dan pihak lain yang berwenang, dengan tetap menjaga kerahasiaan pribadi pasien dan informasi dari petugas kesehatan, namun jika data dari rekaman kesehatan ini sampai jatuh ke tangan yang salah maka sangat berbahaya bagi pemilik Medical Records(EMR) karena bisa saja pemilik Medical Records(EMR) atau pasien mendapatkan kerugian bahkan hingga nyawanya terancam, karena lewat data Medical Records(EMR) kita dapat mengetahui kondisi seseorang dengan mudah, sehingga Medical Records(EMR) merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang karena data tersebut bisa disalah gunakan untuk menjatuhkan dan merugikan pihak tertentu.

2. fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR pada pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi sangat sering terjadi dikarenakan pada orang-orang yang penting informasi EMR sangat berharga karena dari situlah biasanya beberapa pihak memanfaatkan informasi EMR untuk hal-hal yang merugikan pejabat negara atau orang penting untuk kepentingan atau tujuan tertentu.

3.Keamanan dari rekam kesehatan berbasis computer tidak lepas dari aspek yang saling berkait erat yaitu privacy dan security Privacy mengandung makna penjagaan keamanan berkas dari pelepasan informasi yang tidak semestinya (wrongful disclosure),sedangkan security mengandung makna penjagaan berkas dari kerusakan (destruction), pengubahan data yang tidak sah (tampering), dan ganggungan akses (unavailable access). (Medical Records Institute, 2001; Woloszyn, William, 2002) Ancaman terhadap keamanan sistem rekam kesehatan berbasis komputer, baik secara Fisik maupun non fisik & informasi, semakin nyata dan kompleks Untuk membangun system pengamanan yang handal dan efektif, dibutuhkan langkah yang mengintegrasikan model tradisional dan teknologi informasi selain itu untuk melindungi EMR kita juga dapat Melindungi dengan sandi, sehingga hanya orang tertentu yang dapat membuka yang membuat keamanannya lebih terjamin.

4.Ada, pada Medical Records(EMR) memiliki beberapa fitur keamanan seperti, Otentikasi (authentication), Otorisasi (authorization), Integritas (integrity), Penelusuran jejak (audit trails),Pemulihan pasca bencana ( disaster recovery), dan Penyimpanan dan transmisi data yang aman (secure data storage and transmission) selain itu EMR Dilindungi hak cipta, sehingga hanya orang tertentu yang dapat menyalin atau mencetaknya.

5. Menurut saya jika keamanan pada e-ktp sudah sempurna tidak ada salahnya untuk mengintegrasikan EMR dengan E-KTP, namun jika E-ktp dengan keamanan yang sekarang kita miliki lebih baik tidak mengintegrasikan EMR dengan E-KTP, karena jika dilakukan dapat menyebabkan tingkat kemungkinan resiko kebocoran informasi EMR seseorang meningkat karena disebabkan oleh keamanan informasi yang masih lemah.

Rizki Firmanda [4514210054]

Sumber :
http://www.academia.edu/9877980/Pengertian_Electronic_Health_Record

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210034-Mohammad Faqih Faturrahman
 Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : karna jika seseorang melakukan pekerjaan dan jauh dari orang yang mengenalnya , tidak dapat mengantisipasi bila terjadi sesuatu pada orang tersebut. Dan juga mengalihkan isu dari orang orang setempat.

 Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Jawab : Dapat merugikan pihak pihak terkait yang sudah di sebutkan di atas, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan seperti membicarakan orang yang terkait sekarat atau semacamnya.

 Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : harus adanya instantsi khusus untuk Pemerintahan RI supaya lebih bias menjaga EMR dari orang-orang terkait yang penting dalam pemerintahan RI

 Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

 Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : Perlu, karna dapat mempermudah untuk mendapatkan pelayanan pelayanan dari rumah sakit di sekitar kita.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210053-Rizki Chandra Fauzi

1. Mengapa electronic medical records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
JAWAB : karena electronic medical records (EMR) dapat Mereduksi kesalahan medis (medication errors) dan Mencegah efek kerugian dari konflik materi pengobatan/perawatan.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi? Contoh: president/mentri/partai ketua tertentu.
JAWAB : Bila data medis pasien jatuh ketangan yang tidak tepat akan menimbulkan masalah hukum dan tanggung jawab harus ditanggung oleh dokternya atau oleh rumah sakitnya. Untuk itu maka standar pelaksanaan pembuatan dan penyimpanan rekam medis yang selama ini berlaku bagi berkas kertas harus pula diberlakukan pada berkas digital/elektronik.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama pemerintah ri yang belum sadar akan pentignya emr seseorang ?
JAWAB : Sesuai aturan perundang-undangan rekam medis harus disimpan dan dijaga kerahasiaannya karena data yang terdapat dalam rekam medis adalah milik pasien, kewajiban ini menjadi tugas dokter atau pimpinan sarana pelayanan kesehatan.

4. Adakah perlindungan terhdap EMR seseorang ?
JAWAB : dari yang saya ketahui, data EMR seseorang ada perlindungannya yaitu dengan cara Data yang melampaui batas waktu penyimpanan dapat dihapus setelah memberitahukan kepada dokter dan pasiennya ( atau ahli warisnya ) dan cara lainnya.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahyui dan diakses dimananpun?
JAWAB : baik perlu atau tidakny mengintegrasika EMR lebih baik setiap seseorang yang ingin melakukan EMR berkonsultasi dengan dokter. Karna mungkin saja ada beberapa pasien yang ingin EMR nya disimpan agar tidak diketahui dan ada pula yang ingin bisa diakses dimanapun. Jadi intinya tergantung oleh keinginan pasien tersbut mengenai EMR nya.

Fajar Fawzian said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210065-Fajar Fawzian

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Dengan adanya sistem ini, maka medical error dalam pengambilan keputusan oleh tenaga kesehatan dapat dikurangi karena setiap pengambilan keputusan akan berdasarkan rekam medis pasien yang telah ada.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Jawab : Dapat merugikan pihak pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan yang berujung negative seperti membicarakan orang yang terkait.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : harus adanya instantsi khusus untuk Pemerintahan RI supaya lebih bisa menjaga EMR dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : Perlu, karna dapat mempermudah untuk mendapatkan pelayanan pelayanan dari rumah sakit di sekitar kita.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210038-Muhammad Yunus

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : EMR digunakan oleh paramedic untuk mendokumentasikan, memonitor, dan memanage pelayanan kesehatan yang diberikan pada pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Data dalam EMR merupakan rekaman legal dari pelayanan yang telah diberikan pada pasien dan data tersebut disimpan serta dimiliki oleh fasilitas pelayanan kesehatan.
2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Jawab : -contoh:president/mentri/partai ketua tertentu.
apabila data seorang pasien terdapat kebocoran dalam infomasinya maka akan mengakibatkan masalah hukum dan dari pihak rumah sakit maupun dokter harus bertanggung jawab atas infromasi kebocoran tersebut, maka dari itu harap dilakukan dan diriset kembali agar informasi tersebut dijaga dan dilakukan rekap dan di cek kembali atas informasi.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : maka dari itu harap dilakukan adanya instansi dan dalam perundang undangan pun harap dijaga informasi yang terkait dalam hal pasien maupun peerintah RI, dan pihak pemerintahan RI pun harus menjaga EMR dari pihak-pihak pemerintahan yang menggunakan EMR.
4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : ada contoh untuk undang-undang terkait daam perlindungan EMR seseorang.
Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK)
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : jika memag diperlukan untuk menggunakan ektp dan mempermudah integritas dai pasien maka diperlukan tetapi untuk saat ini untk menggunakan integritas untuk menggunakan e-ktp sepertinya masih kurang untuk mengamankan data tersebut lebih baik langsung berkonsultasu ke pihak dokter agar lebih menjaga dan aman untuk datanya.

Unknown said...

Saya Musi Hardiyanto (4514210039) akan menjawab pertanyaan yang bapak berikan :
1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawab : - karena jika seseorang memiliki catatan medis yang buruk atau memiliki
riwayat penyakit akut dalam dirinya akan pengaruh terhadap pekerjaan yang dijalaninya.
2. Bagaimana dengan Fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Jawab : - fenomena tersebut menjadi suatu yang tidak aneh saat ini, apalagi fenomena tersebut biasanya terjadi pada saat pemilihan umum baik itu kepala daerah atau anggota dewan. data EMR biasanya digunakan untuk menyerang lawannya agar dirinya dapat terpilih dalam pemilu tersebut.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : - Keamanan dari rekam kesehatan berbasis computer tidak lepas dari aspek yang saling berkait erat yaitu privacy dan security Privacy mengandung makna penjagaan keamanan berkas dari pelepasan informasi yang tidak semestinya (wrongful disclosure),sedangkan security mengandung makna penjagaan berkas dari kerusakan (destruction), pengubahan data yang tidak sah (tampering), dan ganggungan akses (unavailable access). (Medical Records Institute, 2001; Woloszyn, William, 2002) Ancaman terhadap keamanan sistem rekam kesehatan berbasis komputer, baik secara Fisik maupun non fisik & informasi, semakin nyata dan kompleks Untuk membangun system pengamanan yang handal dan efektif, dibutuhkan langkah yang mengintegrasikan model tradisional dan teknologi informasi selain itu untuk melindungi EMR kita juga dapat Melindungi dengan sandi,sehingga hanya orang tertentu yang dapat membuka yang membuat keamanannya lebih terjamin.
4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ? Jawab : - PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 269/MENKES/PER/III/2008 TENTANG REKAM MEDIS
5. Perlukah mengintegrasi EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : - Menurut saya tidak perlu, karena jika orang lain ingin mengetahui EMRseseorang dia hanya tinggal mencari no.E-KTP seseorang dan mengambil data EMR untuk berbuat kejahatan

Moe Fidah said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210036-Mufidatu Nurrasyidah Haeti

1.Mengapa electronic medical records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
JAWAB : Karena EMR dapat meningkatkan keselamatan dan kualitas pelayanan pasien .Maka sebelum implementasi perawat tidak hanya diajarkan saja tapi perlu dilatih sehingga perawat mampu menggunakan EMR dalam aktivitas rutin sehari hari

2.Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi? contoh: President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
JAWAB : Menurut saya hal ini sangat sering terjadi karena dalam hal ini juga bisa menimbulkan masalah hukum dan merugikan pihak-pihak yang terkait diatas.

3.Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama pemerintah ri yang belum sadar akan pentignya emr seseorang ?
JAWAB : Yaitu dengan cara memperbaiki komunikasi dan kontinuitas pelayanan pasien dan mendukung keselamatan pasienserta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien .

4.Adakah perlindungan terhdap EMR seseorang ?
JAWAB : Yaitu Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5.Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan diakses dimananpun?
JAWAB : Sangat Perlu karena, dengan adanya E-KTP semua informasi mengenai pasien bisa diketahui dan jika terjadi masalah pada pasien bisa langsung di tangani oleh dokter

Mufidatu Nurrasyidah Haeti [4514210036]

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210049-Rezky Ridwan Firdaus
 Mengapa electronic medical records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
JAWAB : karena EMR itu dapat mengurangi masalah medis (medication errors) dan dapat mencegah terjadi nya kerugian dalam pengobatan
 Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi? Contoh: president/mentri/partai ketua tertentu.
JAWAB : Karena rekam medis itu sangat lah sensitive jika rekaman medis diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka rekaman medis itu dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang menguntungkan menguntungkan pelaku, dan akan merugikan pasien dan merugikan dokter yang harus bertanggung jawab akan kehilangan data dari rumah sakit .dengan demikian rekaman medis harus standar pelaksanaan pembuatan dan penyimpanan rekam medis yang selama ini berlaku bagi berkas kertas harus pula diberlakukan pada berkas digital/elektronik.
 Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama pemerintah RI yang belum sadar akan pentignya emr seseorang ?
JAWAB : Sesuai aturan perundang-undangan permerkas No.269 tahun 2008 tentang Rekam medis pasal 2 : (1)Rekam medis harus dibuat secara tertulis lengkap dan jelas atau secara electronic. (2) penyelenggaraan rekam medis dengan menggunakan teknologi informasi elektronil diatur lebih lanjut dengan peraturan tersendiri
 Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
JAWAB : dari yang saya ketahui, data EMR seseorang ada perlindungannya yaitu dengan cara Data yang melampaui batas waktu penyimpanan dapat dihapus setelah memberitahukan kepada dokter dan pasiennya ( atau ahli warisnya ) dan cara lainnya.
 Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan diakses dimananpun?
JAWAB : tergantung keinginan pasien nya , lebih baik sebelum membuat pasien mengkonsultasikan pada dokter Karna mungkin saja ada beberapa pasien yang ingin EMR nya disimpan agar tidak diketahui dan ada pula yang ingin bisa diakses dimanapun. Jadi intinya tergantung oleh keinginan pasien tersbut mengenai EMR nya.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210047-Raditya Alfiadi

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Karena, tujuan dari EMR adalah meningkatnya keselamatan dan kualitas pelayanan pasien dan EMR juga diharapkan dapat menurunkan medical errors, menurunkan pengulangan dokumentasi, meningkatkan produktivitas perawat dan menurunkan biaya perawatan
2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Jawab : -contoh:president/mentri/partai ketua tertentu.
apabila data seorang pasien terdapat kebocoran dalam infomasinya maka akan mengakibatkan masalah hukum dan dari pihak rumah sakit maupun dokter harus bertanggung jawab atas infromasi kebocoran tersebut, maka dari itu harap dilakukan dan diriset kembali agar informasi tersebut dijaga dan dilakukan rekap dan di cek kembali atas informasi.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : maka dari itu perlu adanya instansi atau badan pengawas yang khusus menangani masalah tersebut.
4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : ada, Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK)
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : jika keamanan data didalam EMR sudah terjamin, maka akan lebih bagus jika dapat diintegrasikan dengan E-KTP. Tapi jika keamanan datanya belum terjamin lebih baik jangan, agar tidak terjadi kebocoran data.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210043-Nura Meutia


1. karena untuk efisiensi pencatatan dan pengolahan data, serta menyediakan informasi yang lebih akurat dan terpercaya, selain itu memiliki tujuan untuk mengurangi medical error dan meningkatkan keamanan pasien (patient safety).


2. berkembangnya dunia internet yang memberikan begitu banyak kemudahan, keuntungan, dan manfaat bagi orang banyak, teriring pula bersamanya keberadaan resiko, ancaman, dan aspek negatif dari aktivitas penyalahgunaannya. Kebocoran data yang selama ini disinyalir kerap terjadi, dipicu oleh sejumlah hal, yang kalau dilihat secara sungguh-sungguh disebabkan karena hal-hal yang bersifat non teknis. Ketidaktahuan pengguna teknologi, kecerobohan pemilik data, keterbatasan edukasi masyarakat, kealpaan individu, dan ketidakpedulian seseorang merupakan sejumlah “lubang kerawanan” yang kerap dipergunakan oleh pihak jahat untuk menjalankan misi negatifnya.

ini yang alasankan kenapa data EMR bisa tersebut bisa bocor
Pertama, perilaku atau budaya masyarakat Indonesia yang senang membagi-bagi data serta informasi mengenai kerabat dan teman dekatnya.
Kedua, kecerobohan pemilik data dalam mengelola data rahasia miliknya karena ketidaktahuan ataupun keteledoran.
Ketiga, maraknya fenomena dengan menggunakan teknik “social engineering” dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menipu orang lain.
Keempat, pelanggaran etika atau aturan internal yang dilakukan oleh individu dan/atau kelompok dalam mengelola informasi organisasi.
Kelima, lemahnya manajemen informasi yang diberlakukan dan dipraktekan oleh organisasi
Keenam, adanya proses digitalisasi dari koleksi data/informasi sekunder yang dimiliki komunitas tertentu yang diunggah ke dunia siber (internet).

sumber : http://www.idsirtii.or.id/doc/IDSIRTII-Artikel309-FenomenaKebocoranData.pdf

3. menurut Saya terdapat perlindungan dengan adanya emr karena emr tidak dapat dicetak atau diketahui isi datanya oleh orang lain yang tidak seharusnya tahu dan hanya orang yang berkepentingan yang dapat mengaksesnya,selain itu sudah sangat jelas sekali di atur juga oleh Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6 maka sangat aman.

4. perlu sekali,karena dengan mengintegrasikan EMR pada E-KTP itu lebih cepat,tepat dan akurat dan sannat efesien karna bersifat sangat fleksibel,namun hal ini juga tidak selamanya positif karena dengan keamaan data yang negara kita miliki masih jauh dari kata aman tau bisa dikatakan lama hal ini bisa berdampak négatif karena bisa semua data kita disebarkan luas oleh orang yang hanya ingin mengambil keuntungan sepihak.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210046 - Putri Nurwahyuni
1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting
Jawab : karena Electronic Medical Record yang berisi riwayat kesehatan dan penyakit pasien, hasil tes diagnostik, data-data medis yang lain dan informasi biaya perawatan dapat memberikan pencegahan kejadian medical error melalui tiga mekanisme yaitu Pencegahan adverse event, Memberikan respon cepat segera setelah terjadinya adverse event, Melacak serta menyediakan umpan balik mengenai adverse event.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? Jawab : Menurut saya bisa sangat merugikan pihak terkait yaitu para pejabat negara atau orang penting lainnya sehingga dapat menimubulkan perpecahan.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : yaitu dapat mengembangkan standar teknologi, Mengedukasi para dokter dan masyarakat tentang keuntungan EMR, dan Menetapkan departemen pusat untuk menyediakan pandangan secara nasional

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?Jawab : Sangat di perlukan, karna dapat mempermudah pencarian data pasien untuk mendapatkan sarana pelayanan kesehatan

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210056-Rusmawati Jaya N.

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Jawab : fenomena tersebut menjadi suatu yang tidak aneh saat ini, apalagi fenomena tersebut biasanya terjadi pada saat pemilihan umum baik itu kepala daerah atau anggota dewan. data EMR biasanya digunakan untuk menyerang lawannya agar dirinya dapat terpilih dalam pemilu tersebut.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : keamanan yang dimaksud meliputi hal-hal sebagai berikut (National Academy of Sciences, 1997):
1. Otentikasi (authentication)
2. Otorisasi (authorization)
3. Integritas (integrity)
4. Penelusuran jejak (audit trails)
5. Pemulihan pasca bencana (disaster recovery)
6. Penyimpanan dan transmisi data yang aman (secure data storage & transmission)
Penjagaan ini termasuk pengawasan akses untuk mendeteksi, mencatat, dan melawan/ menahan ancaman-ancaman terhadap sistem. Penjagaan ini dilaksanakan dari mulai lapis terendah dalam transportasi data meliputi kabel, switch, router, dan transmititer, sampai lapis-lapis berikutnya yaitu lapis jaringan ( network layer), lapis informasi ( information layer), lapis perangkat lunak (software application layer), dan lapis manajerial (managerial layer). Lapis manajerial bertanggung jawab terhadap pengelolaan administrasi dan proses operasional system yang semua ini dibutuhkan untuk menjamin dan memantau terlaksananya kebijakan keamanan data ( Computer-based Patient Record Institute, 1999)

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Permenkes 269 tahun 2008
Pasal 2
Rekam medis harus dibuat secara tertulis, lengkap dan jelas atau secara elektronik.
Penyelenggaraan rekam medis dengan menggunakan teknologi informasi elektronik diatur lebih lanjut dengan peraturan tersendiri

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : menurut saya, jika keamanan data didalam EMR sudah bisa terjamin keamanan datanya, maka akan lebih bagus jika dapat diintegrasikan dengan E-KTP. Tapi jika keamanan datanya belum terjamin lebih baik jangan, agar tidak terjadi kebocoran data dll.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017-4514210035-Monika Dona Ines
1. Mengapa Electronic Medical Record (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : karena dapat bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien . Sebelum penerapan EMR maka harus dipastikan bahwa SDM yang akan mengoperasikan sistem tersebut memahami dan dapat menggunakan sesuai prosedur dan standar yang ada sehingga dapat tercapai hasil yang optimal.
2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : Fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara sangatlah berdampak negative (merugikan) negara sebab mereka merupakan pejabat-pejabat negara yang penting. Bila informasi mereka bocor, akan adanya pihak lain yang dapat memanfatkan situasi dimana dapat terjadi banyak penipuan serta dapat menimbulkan kerugian Negara yang dapat terbilang cukup besar.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Adanya instansi khusus atau badan pengurus keamanan khusus untuk mengurus serta melindungi EMR pemerintah agar informasi EMR dari para pejabat negara. Sehingga informasi EMR tetap menjadi rahasia dan tidak terjadi kebocoran informasi yang dapat merugikan kalangan masyarakat, pejabat negara serta negara.
4. Adakah perlindungan terhapat EMR seseorang?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Serta aspek regulasi dan legal memang tidak dapat menandingi kecepatan kemajuan teknologi informasi. Depkes mempublikasikan Permenkes no 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis sebagai pengganti Permenkes 749a/Menkes/Per/XII/1989.
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Jawab : Menurut saya, sangat perlu dan sangat bagus jika di integrasikan EMR dengan E-KTP karena dapat mengurangi adanya pemalsuan data serta, jika seseorang perpindah tempat tinggal data tersebut dapat dengan mudah di akses jika mengalami gangguan ( atau sedang sakit ) jadi dengan mudah berobat pada rumah sakit / dokter yang sudah di percaya.

ciel yuliana said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017-4514210013-Beatrix Yuliana Herman
1. Mengapa Electronic Medical Record (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Medical Record (EMR) bukan sistem baru dalam dokumentasi catatan medik pasien. Electronic Medical Record adalah sebuah sistem yang berisi riwayat kesehatan dan penyakit pasien, hasil tes diagnostik, data-data medis yang lain dan informasi biaya perawatan. EMR akan meningkatkan pelayanan kesehatan oleh pemberi pelayanan dalam perawatan pasien, tetapi pengelola pelayanan kesehatan harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk menyediakan sistem teknologi informasi untuk menggunakan EMR.
2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : Hal tersebut perlu dilindungi karena bila kebocoran informasi EMR seorang pejabat sampai terjadi maka hal yg tidak diinginkan seperti memanipulasi hasil pemeriksaan dan bahkan memanipulasi daftar biaya pengobatan dan lain sebagainya dapat terjadi dan dapat merugikan pihak pejabat tersebut.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Dengan cara mengenkripsi data EMR yang ada.
4. Adakah perlindungan terhapat EMR seseorang?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Jawab : Menurut saya, itu perlu dilakukan agar memudahkan penggunanya dalam mengakses EMR di manapun apalagi dalam keadaan terdesak bisa dilakukan dengan memberikan E-KTP saja. Tapi tetap saja harus diberi pengamanan agar tidak sembarangan orang dapat mengaksesnya dan mengambil datanya.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017-4514210041-Nur Fadilah
1. Mengapa Electronic Medical Record (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : karena Implementasi EMR( Electronic Medical Record ) bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien . Sebelum penerapan EMR maka harus dipastikan bahwa SDM yang akan mengoperasikan sistem tersebut memahami dan dapat menggunakan sesuai prosedur dan standar yang ada sehingga dapat tercapai hasil yang optimal.Berdasarkan kajian literatur didapatkan manfaat dan kekurangan dari EMR.
2. kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : Hal.tersebut perlu di lindungi karena data tersebut mencakup data pribadi yang perlu dilindungi karena untuk keamanan pemerintah dari media2 yang tidak bertanggung jawab.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : dengan melakukan enkripsi data serta penjagaan yang ketat data2 yang ada oleh instansi khusus yang terpercaya dan juga terikat dasar hukum.
4. Adakah perlindungan terhapat EMR seseorang?
Jawab : ada yaitu tercantumnfala dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Jawab : menurut saya , perlu karena untuk memudahkan pengaksesan data EMR dengan mudah namun tetap ada pengaman tersendiri agar tidak mudah sembarang orang menggunakanya atau mengaksesnya.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017-4514210025-Ghinanti Pratiwi
1. Mengapa Electronic Medical Record (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Medical Records adalah rekaman data legal yang dibuat fasilitas pelayanan kesehatan dan merupakan sumber dari Electronic Health Records. Salah satu katakteristik Electronic Health Records adalah dapat merepresentasikan kemampuan untuk dengan mudah melakukan share informations diantara stakeholders. Informasi pasien dari satu fasilitas pelayanan kesehatan dapat dishare dengan mudah ke fasilitas pelayanan kesehatan lain yang menangani pasien pada episode perawatan berikutnya, sehingga data pasien akan terintegrasi dan jelas riwayat kesehatannya sepanjang hidup individu.
2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab :
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Cara melindunginya dengan bekerjasama mematuhi, melakukan, mengamankan EMR sesuai dengan undang-undang yang telah ditentukan tentang EMR.
4. Adakah perlindungan terhapat EMR seseorang?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Jawab : Menurut saya, sangat perlu karena untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan mereka dalam mengurus urusan kesehatannya. Sehingga tidak mempersulit lagi dan tidak perlu menunggu lama untuk mengurus data pribadi para pasien untuk melakukan perawatan atau kegiatan kesehatan lainnya.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017-4514210020
-Eghi Selvia
1. Mengapa Electronic Medical Record (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab :Banyak pelaku kriminal mencoba mencari keuntungan dengan mencuri data Electronic Health Record (EHR) untuk dipasarkan kembali dalam pasar gelap. EHR tersebut bernilai cukup tinggi dipasaran karena juga terdapat informasi finansial termasuk kartu kredit, medical record, dan juga data lengkap sang pasien. Hal ini yang kemudian dapat di olah kembali dan dijadikan target untuk kejahatan siber lainnya.
2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : Hal tersebut perlu dilindungi karena bila kebocoran informasi EMR seorang pejabat sampai terjadi maka hal yg tidak diinginkan seperti memanipulasi hasil pemeriksaan dan bahkan memanipulasi daftar biaya pengobatan dan lain sebagainya dapat terjadi dan dapat merugikan pihak pihak tertentu
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : selain membuat UU perlindungan EMR pemerintah juga harus mebuat cyber security agar data yang ada tidak dapat di curi
4. Adakah perlindungan terhapat EMR seseorang?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?Jawab : Sangat di perlukan, karna dapat mempermudah pencarian data pasien untuk mendapatkan sarana pelayanan kesehatan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210009 – Ananda Dwi Aprilia
1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Karena isi EMR adalah riwayat kesehatan dan penyakit pasien, hasil tes diagnostik, data-data medis yang lain dan informasi biaya perawatan dapat memberikan pencegahan kejadian medical error.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Fenomena ini dapat merugikan pihak-pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan yang berujung negative seperti membicarakan orang yang terkait.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Harus adanya instantsi khusus untuk Pemerintahan RI supaya lebih bisa menjaga EMR dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang?
Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Perlu, karena untuk mempermudah mendapatkan pelayanan di setiap rumah sakit yang ada disekitar.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210002 - Adeliza Fauzia M
1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Karena EMR berisi riwayat kesehatan dan penyakit pasien, hasil tes diagnostik, data-data medis yang lain dan informasi biaya perawatan dapat memberikan pencegahan kejadian medical error.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?
Contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Dapat merugikan pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat dapat mengakitbatkan hal-hal negatif.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Harus adanya instantsi khusus untuk Pemerintahan RI supaya lebih bisa menjaga EMR dari orang-orang yang kurang bertanggung jawab.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang?
Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Perlu, untuk mempermudah mendapatkan pelayanan yang direspon cepat di setiap rumah sakit.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210022 Eriadne Theola Nandhiasa
1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting
Jawab : karena Electronic Medical Record yang berisi riwayat kesehatan dan penyakit pasien, hasil tes diagnostik, data-data medis yang lain dan informasi biaya perawatan dapat memberikan pencegahan kejadian medical error melalui tiga mekanisme yaitu Pencegahan adverse event, Memberikan respon cepat segera setelah terjadinya adverse event, Melacak serta menyediakan umpan balik mengenai adverse event.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? Jawab : Menurut saya bisa sangat merugikan pihak terkait yaitu para pejabat negara atau orang penting di negara ini sehingga dapat menimubulkan perpecahan antar pihak manapun.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : yaitu dapat mengembangkan standar teknologi, Mengedukasi para dokter dan masyarakat tentang keuntungan EMR, dan Menetapkan departemen pusat untuk menyediakan pandangan secara nasional dan menyeluruh terhadap pihak yang terkait

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?Jawab : Sangat di perlukan, karna dapat mempermudah pencarian data pasien untuk mendapatkan sarana pelayanan dan mengedukasi penduduk secara jelas.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4513210018-Fazri Ramadhan.

1.Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

2.Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?
Jawab : -contoh:president/mentri/partai ketua tertentu.
apabila data seorang pasien terdapat kebocoran dalam infomasinya maka akan mengakibatkan masalah hukum dan dari pihak rumah sakit maupun dokter harus bertanggung jawab atas infromasi kebocoran tersebut, maka dari itu harap dilakukan dan diriset kembali agar informasi tersebut dijaga dan dilakukan rekap dan di cek kembali atas informasi.

3.Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : dengan melakukan enkripsi data serta penjagaan yang ketat data2 yang ada oleh instansi khusus yang terpercaya dan juga terikat dasar hukum.

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5.Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?Jawab : Sangat di perlukan, karna dapat mempermudah pencarian data pasien untuk mendapatkan sarana pelayanan kesehatan

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4515212001-Achmad Birrul F.

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Fenomena ini dapat merugikan pihak-pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan yang berujung negative seperti membicarakan orang yang terkait.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Adanya instansi khusus atau badan pengurus keamanan khusus untuk mengurus serta melindungi EMR pemerintah agar informasi EMR dari para pejabat negara. Sehingga informasi EMR tetap menjadi rahasia dan tidak terjadi kebocoran informasi yang dapat merugikan kalangan masyarakat, pejabat negara serta negara.

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : menurut saya, jika keamanan data didalam EMR sudah bisa terjamin keamanan datanya, maka akan lebih bagus jika dapat diintegrasikan dengan E-KTP. Tapi jika keamanan datanya belum terjamin lebih baik jangan, agar tidak terjadi kebocoran data dll.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
punya saya said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210051 – Ringga candra
1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Metodologi untuk evaluasi sistem EHR
Karena tidak ada metodologi khusus untuk melakukan suatu evaluasi maka perlu dipertimbangkan beberapa metodologi sebelum memilih metode tertentu. Metodologi tersebut antara lain :
1. Pendekatan objektivis versus subjektivis
2. Metode kualitatif versus kuantitatif
3. Pendekatan holistik versus reduksionis
4. Evaluasi sumatif versus formatif.
Pendekatan objektivis didasarkan pada pengukuran, dengan asusmsi kebenaran diperoleh berdasarkan objektivitas pengukuran. Dalam evaluasi informatika kesehatan dari suatu sistem EHR biasanya pengukuran dilakukan dalam dialog dengan pengguna, jumlah kertas yang dikurangi, jumlah sampel darah ditangani dalam satu hari, dll Pendekatan subjektivis berkaitan dengan pengamatan terhadap fenomena tertentu, observasi dan wawancara.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Fenomena ini dapat merugikan pihak-pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan yang berujung negative .

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Evaluasi sistem Ehr selalu dilakukan dalam organisasi, kecuali untuk uji detail teknis. Dengan demikian hubungan antara teknologi dan organisasi menjadi penting. Pada dasarnya ada adalah dua teori yang berbeda tentang bagaimana keterkaitan teknologi dan organisasi. Teknologi sebagai entitas eksogen Yang mendominasi gagasan tersebut adalah bahwa teknologi dan organisasi dipisahkan dalam dua kontingen variabel. Hal tersebut dapat dilihat dari literatur yang membahas perubahan organisasi dan perubahan manajemen 15. Sebuah model klasik yang dibangun di atas gagasan saling ketergantungan antara sejumlah variabel adalah model Leavitt untuk perubahan organisasi 16.

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : menurut asumsi saya, jika keamanan data didalam EMR sudah bisa trjamin kerahasiaan dan keamaannya maka E-KTP. Maka emr bisa di implementasiakan ke ektp karna bisa melihat langsung rakaman medis kita hanya dengan EKTP saja

greg said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210026-Gregorio Agung

1. Implementasi EMR( Electronic Medical Record ) bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien. penggunaan EMR adalah menurunkan medical errors, menurunkan angka kematian dan readmisi pasien , menurunkan pengulangan dokumentasi , meningkatkan produktivitas kerja perawat dan menurunkan biaya perawatan .Sedangkan kekurangan EMR bisa berupa berkurangnya sentuhan perawat ke pasien, perubahan sistem dalam EMR membuat kebingungan bagi perawat, ancaman isu etik dan legal terkait penggunaan data elektronik pasien dan berkurangnya kemampuan perawat dalam berfikir kritis.Dampak EMR terhadap keselamatan pasien masih belum jelas bahkan dikatakan tidak ada hubungan antara EMR dengan keselamatan pasien.

2. fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR pada pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi sangat sering terjadi dikarenakan pada orang-orang yang penting informasi EMR sangat berharga karena dari situlah biasanya beberapa pihak memanfaatkan informasi EMR untuk hal-hal yang merugikan pejabat negara atau orang penting untuk kepentingan atau tujuan tertentu.

3.harus adanya instantsi khusus untuk Pemerintahan RI supaya lebih bias menjaga EMR dari orang-orang terkait yang penting dalam pemerintahan RI. dan dengan melakukan enkripsi data serta penjagaan yang ketat data2 yang ada oleh instansi khusus yang terpercaya dan juga terikat dasar hukum.

4. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-Ktp agar bisa diketehui dan dapat di akses dimanapun?
Jawab: Kalo menurut saya, banyak hal yang harus di perhatikan untuk hal tersebut terutama dalam hal keamanan dan keharasiaannya. Jika di gabungkan dan rahasia dan keamanannya tidak terjamin akan mengakibatkan hal yang fatal nantinya

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210021 - ELTON SOSTENES

1.Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Karena : Implementasi EMR( Electronic Medical Record ) bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien . Sebelum penerapan EMR maka harus dipastikan bahwa SDM yang akan mengoperasikan sistem tersebut memahami dan dapat menggunakan sesuai prosedur dan standar yang ada sehingga dapat tercapai hasil yang optimal. Manfaat penggunaan EMR adalah menurunkan medical errors, menurunkan angka kematian dan readmisi pasien , menurunkan pengulangandokumentasi , meningkatkan produktivitas kerja perawat danmenurunkan biaya perawatan .
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/azizah3/pengaruh-electronic-medical-record-emr-terhadap-keselamatan-dan-pelayanan-pasien_54f383617455139f2b6c79a7

2.Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat
negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?, contoh : President/Menteri atau
Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Dengan adanya fenomena “kebocoran data” yang menyebabkan mengemukanya beragam kasus semacam beredarnya dokumen rahasia Wikileaks, SMS penawaran kredit, gambar/video porno, nomor kartu kredit, data/informasi rahasia perusahaan, dan lain sebagainya. Sejalan dengan berkembangnya dunia internet yang memberikan begitu banyak kemudahan, keuntungan, dan manfaat bagi orang banyak, teriring pula bersamanya keberadaan resiko, ancaman, dan aspek negatif dari aktivitas penyalahgunaannya. Kebocoran data yang selama ini disinyalir kerap terjadi, dipicu oleh sejumlah hal, yang kalau dilihat secara sungguh-sungguh disebabkan karena hal-hal yang bersifat non teknis.
Sumber : www.idsirtii.or.id/doc/IDSIRTII-Artikel309-FenomenaKebocoranData.pdf

3.Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama
Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Fitur keamanan dalam system ini dibutuhkan untuk menjaga integritasi dan konfidensialitas informasi kesehatan yang terkandung di dalamnya. Fitur keamanan yang dimaksud meliputi hal-hal sebagai berikut (National Academy of Sciences, 1997): Otentikasi (authentication), Otorisasi (authorization), Integritas (integrity), Penelusuran jejak (audit trails), Pemulihan pasca bencana (disaster recovery), Penyimpanan dan transmisi data yang aman (secure data storage & transmission). Dan adanya instansi khusus atau badan pengurus keamanan khusus untuk mengurus serta melindungi EMR pemerintah agar informasi EMR dari para pejabat negara. Sehingga informasi EMR tetap menjadi rahasia dan tidak terjadi kebocoran informasi yang dapat merugikan kalangan masyarakat, pejabat negara serta negara.
Sumber : http://guyeojafkmunsri.blogspot.co.id/2013/05/rekam-kesehatan-berbasis-elektronik.html

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Pengertian Konsumen dalam UU No.8 / 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yaitu setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Pengertian konsumen ini adalah konsumen akhir.
Sumber : http://rheluphdha.blogspot.co.id/2010/12/perlindungan-hukum-bagi-pasien-sebagai.html

5.Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses
dimanapun ?
Menurut saya : Apabila keamanan pada EMR sudah terjamin, maka bisa saja di integrasikan dengan E-KTP.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4512210016 muhammad naufal nadhir

1.Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Fenomena ini dapat merugikan pihak-pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan yang berujung negative seperti membicarakan orang yang terkait.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Adanya instansi khusus atau badan pengurus keamanan khusus untuk mengurus serta melindungi EMR pemerintah agar informasi EMR dari para pejabat negara. Sehingga informasi EMR tetap menjadi rahasia dan tidak terjadi kebocoran informasi yang dapat merugikan kalangan masyarakat, pejabat negara serta negara.

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : menurut saya, jika keamanan data didalam EMR sudah bisa terjamin keamanan datanya, maka akan lebih bagus jika dapat diintegrasikan dengan E-KTP.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4512210016 muhammad naufal nadhir

1.Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
Jawab : Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
Fenomena ini dapat merugikan pihak-pihak yang terkait, karna jika EMR tersebut tersebar ke masyarakat umum dapat mengakitbatkan hal-hal yang berlebihan yang berujung negative seperti membicarakan orang yang terkait.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintahan RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
Jawab : Adanya instansi khusus atau badan pengurus keamanan khusus untuk mengurus serta melindungi EMR pemerintah agar informasi EMR dari para pejabat negara. Sehingga informasi EMR tetap menjadi rahasia dan tidak terjadi kebocoran informasi yang dapat merugikan kalangan masyarakat, pejabat negara serta negara.

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : menurut saya, jika keamanan data didalam EMR sudah bisa terjamin keamanan datanya, maka akan lebih bagus jika dapat diintegrasikan dengan E-KTP.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210024 Faza Adhzima

1.Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawaban : Dikarenakan EMR merupakan alat elektronik yang dapat menyimpan catatan/riwayat medis seseorang sehingga dapat mempermudah pihak rumah sakit dalam memproses pasien untuk menangani pengobatan pasien tersebut.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat
negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?, contoh : President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.

Jawaban : Jika informasi tersebut diketahui oleh pihak-pihak yang ingin berniat jahat terhadap target korban nya dengan mencari kelemahan dari penyakit. Akan berakibat fatal , karena dapat mengancam keselamatan hidup seseorang tersebut. Jika targetnya orang-orang petinggi di Indonesia akan berakibat kacau pada sistem negara tersebut.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama
Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawaban : Dengan cara membuat sistem yang dapat meminimalisir kebocaran informasi sehingga dapat memproteksi dan memberikan keamanan pada data tersebut.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawaban : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawaban : Sangat tidak setuju, EMR dan E-KTP digabunggkan dapat meningkatkan resiko kebocoran data yang lebih banyak dikarenakan tergabungnya kedua data tersebut.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210010 - ANDRE MILLA SAPUTRA

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawaban : Dikarenakan dengan adanya EMR ( Electronik Medical Record ) yang bertujuan untuk mendukung dan mensuport pelayanan kesehatan pada rumah sakit agar pelayanan yang di berikan pihak rumah sakit semakin berkualitas dan focus terhadap kesehatan para masyarakat. Dan fungsi EMR juga merupakan sebuah alat elektronik dalam bidang kesehatan yang di gunakan untuk menyimpan riwayat kesehatan masyarakat pada sebuah rumah sakit.

2. Bagaimana fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? contoh : President/Menteri atau President Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawaban : Apabila EMR salah satu seseorang penting tersebut terjadi kebocoran, Akan berdampak sangat fatal dan bahkan mungkin akan mendapatkan tuntutan atau berupa narapidana bagi si pelaku yang telah membocorkan informasi EMR tersebut, bahkan akan mencoreng nama baik EMR itu sendiri.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawaban : Dengan cara memperkuat proteksi keamanan, dan lebih meningkatkan system dan melakukan maintenance pada system agar tidak terjadi kebocoran data.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawaban : Informasi perlindungan pada EMR konsumen di jelaskan pada UU No.8 / 1999 tentang Perlindungan Konsumen .

5. Perlukan mengintegrasi EMR dengan E-KTP agar bisa di ketahui dan dapat di akses dimanapun ?
Jawaban : Menurut saya kurang setuju bila melakukan integrase EMR dengan E-KTP dikarenakan apabila terjadi suatu kebocoran akan membahayakan seseorang itu sendiri, tapi ada dampak baik nya juga, akan mempermudah seseorang dalam melakukan pengecekan EMR pada situasi darurat tanpa harus melaui pihak rumah sakit.



Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017_Adam Pangestu_4514210001

1.Mengapa electronic medical records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
JAWAB : Karena EMR dapat meningkatkan keselamatan dan kualitas pelayanan pasien .Maka sebelum implementasi perawat tidak hanya diajarkan saja tapi perlu dilatih sehingga perawat mampu menggunakan EMR dalam aktivitas rutin sehari hari

2.Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi? contoh: President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu
JAWAB : Menurut saya hal ini sangat sering terjadi karena dalam hal ini juga bisa menimbulkan masalah hukum dan merugikan pihak-pihak yang terkait diatas.

3.Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama pemerintah ri yang belum sadar akan pentignya emr seseorang ?
JAWAB : Yaitu dengan cara memperbaiki komunikasi dan kontinuitas pelayanan pasien dan mendukung keselamatan pasienserta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien .

4.Adakah perlindungan terhdap EMR seseorang ?
JAWAB : Yaitu Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5.Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan diakses dimananpun?
JAWAB : Sangat Perlu karena, dengan adanya E-KTP semua informasi mengenai pasien bisa diketahui dan jika terjadi masalah pada pasien bisa langsung di tangani oleh dokter

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210057-Septian Ari Cahyo Nugroho

1. Medical Records(EMR) adalah Rekam kesehatan berbasis elektronik yang memungkinkan akses yang luas menyeluruh dan tepat waktu untuk mendapatkan informasi kesehatan bagi petugas kesehatan dan pihak lain yang berwenang, dengan tetap menjaga kerahasiaan pribadi pasien dan informasi dari petugas kesehatan, namun jika data dari rekaman kesehatan ini sampai jatuh ke tangan yang salah maka sangat berbahaya bagi pemilik Medical Records(EMR) karena bisa saja pemilik Medical Records(EMR) atau pasien mendapatkan kerugian bahkan hingga nyawanya terancam, karena lewat data Medical Records(EMR) kita dapat mengetahui kondisi seseorang dengan mudah, sehingga Medical Records(EMR) merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang karena data tersebut bisa disalah gunakan untuk menjatuhkan dan merugikan pihak tertentu.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi? Contoh: president/mentri/partai ketua tertentu.
JAWAB : Bila data medis pasien jatuh ketangan yang tidak tepat akan menimbulkan masalah hukum dan tanggung jawab harus ditanggung oleh dokternya atau oleh rumah sakitnya. Untuk itu maka standar pelaksanaan pembuatan dan penyimpanan rekam medis yang selama ini berlaku bagi berkas kertas harus pula diberlakukan pada berkas digital/elektronik.

3.Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama pemerintah ri yang belum sadar akan pentignya emr seseorang ?
JAWAB : Yaitu dengan cara memperbaiki komunikasi dan kontinuitas pelayanan pasien dan mendukung keselamatan pasienserta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien .

4. Adakah perlindungan terhapat EMR seseorang?
Jawab : ada yaitu tercantumnfala dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
Perlu, untuk mempermudah mendapatkan pelayanan yang direspon cepat di setiap rumah sakit.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210029 Hidayat Aji Santoso

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
JAWAB : Menurut saya sangat penting terutama bagi semua orang karena EMR bertujuan untuk mendukung dan membantu dalam pelayanan kesehatan terutama pelayanan rumah sakit agar pelayanan yang ada didalam rumah sakit menjadi lebih berkualitas dan benar-benar focus terhadap keselamatan dan kesehantan semua orang terutama pasien,Pada dasarnya EMR berfungsi sebagai alat penyimpan riwayat kesehatan bagi pasien.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?,contoh:President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
JAWAB :Sangat berbahaya sekali di karanekan dapat merugikan pihak-pihak terkait,dari data EMR yang bocor tersebut dapat mencoreng nama baik dari EMR itu sendiri dan dapat mengancam keselamatan seseorang yang EMRnya bocor.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
JAWAB :Menurut saya perlu adanya badan instasi khusus atau badan pengurus keamanan untuk mengurus dan melindungi EMR pemerintah agar EMR para pejabat negara pemerintah aman dan terlindungi.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang?
JAWAB :Dari refrensi yang saya baca ada yaitu Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
JAWAB :Menurut saya sangat tidak setuju dikarenakan kalo saja E-kTP yang kita miliki hilang atau terjatuh maka bisa terjadinya kebocoran data EMR Kita dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210048 Randy Alfadomega Putra Widjaja Kilin

1.Mengapa electronic medical records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawab : Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

2. Bagaimana fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? contoh : President/Menteri atau President Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : Menurut saya hal ini sangat sering terjadi karena dalam hal ini juga bisa menimbulkan masalah hukum dan merugikan pihak-pihak yang terkait diatas.


3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : Keamanan dari rekam kesehatan berbasis computer tidak lepas dari aspek yang saling berkait erat yaitu privacy dan security Privacy mengandung makna penjagaan keamanan berkas dari pelepasan informasi yang tidak semestinya (wrongful disclosure),sedangkan security mengandung makna penjagaan berkas dari kerusakan (destruction), pengubahan data yang tidak sah (tampering), dan ganggungan akses (unavailable access). (Medical Records Institute, 2001; Woloszyn, William, 2002) Ancaman terhadap keamanan sistem rekam kesehatan berbasis komputer, baik secara Fisik maupun non fisik & informasi, semakin nyata dan kompleks Untuk membangun system pengamanan yang handal dan efektif, dibutuhkan langkah yang mengintegrasikan model tradisional dan teknologi informasi selain itu untuk melindungi EMR kita juga dapat Melindungi dengan sandi, sehingga hanya orang tertentu yang dapat membuka yang membuat keamanannya lebih terjamin.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : Menurut saya tidak perlu di karenakan jika E-KTP dan EMR di gabungkan jika terjadi sesuatu yang kita tidak harapkan seperti hilang bisa saja di temukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan di salah gunakan

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210027 Harsono Muliono Dame

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
JAWAB:Selain informasi kesehatan pribadi, atau PHI, EHRs mengandung nomor Jaminan Sosial, yang tidak pernah berakhir (expired) – dan penggunaan data untuk cybercriminal dari SSN yang tidak mudah terdeteksi.

2.Bagaimana fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? contoh : President/Menteri atau President Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
JAWAB:Apabila diketahui oleh pihak yang tidak berhak, dapat membahayakan keamanan nasional maupun pemerintah daerah. Informasi yang dikelola sebagaimana tersebut di atas merupakan bagian dari informasi publik yang dikecualikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

3.Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
JAWAB:Menurut saya harus adanya instantsi khusus untuk Pemerintahan RI supaya lebih bisa menjaga EMR dari orang-orang terkait yang penting dalam pemerintahan RI, dan diperlukannya badan instasi khusus untuk menangani hal ini untuk mencegah terjadinya hal2 yang tidak di inginkan.

4.Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang?
JAWAB:ada, yaitu Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

5.Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
JAWAB:Sangat tidak setuju, karena apabila E-KTP kita terjatuh atau hilang (diambil orang) seseorang dapat mengakses data diri kita dengan mudah.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210008 Alfiyan Aldi

1.Mengapa electronic medical records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawab : karena dengan adanya EMR dapat menurunkan medical errors, menurunkan angka kematian dan readmisi pasien , menurunkan pengulangandokumentasi , meningkatkan produktivitas kerja perawat dan menurunkan biaya perawatan. Intinya melakukan rekam medis secara elektronik dan itu sangat membantu dalam bidang kesehatan.

2. Bagaimana fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ? contoh : President/Menteri atau President Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : karena EMR merupakan rekam medis seseorang. Apabila terjadi kebocoran maka akan berdampak buruk dan sangat merugikan, apalagi untuk orang-orang penting. hal itu dapat disalahgunakan.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : Menurut saya , SDM harus ditingkatkan dan diberikan sebuah kesadaran pentingnya EMR. lalu tingkatkan keamanan sistemnya.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : menurut saya, untuk saat ini tidak perlu karena jika data kita terbobol itu akan sangat merugikan dan berpotensi melakukan kejahatan.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4514210028 Hastanto Boing Dwiatmojo

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting ?
Jawab : EMR( Electronic Medical Record ) bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien . Sebelum penerapan EMR maka harus dipastikan bahwa SDM yang akan mengoperasikan sistem tersebut memahami dan dapat menggunakan sesuai prosedur dan standar yang ada sehingga dapat tercapai hasil yang optimal.Berdasarkan kajian literatur didapatkan manfaat dan kekurangan dari EMR .Manfaat penggunaan EMR adalah menurunkan medical errors, menurunkan angka kematian dan readmisi pasien , menurunkan pengulangandokumentasi , meningkatkan produktivitas kerja perawat danmenurunkan biaya perawatan .Sedangkan kekurangan EMR bisa berupa berkurangnya sentuhan perawat ke pasien, perubahan sistem dalam EMR membuat kebingungan bagi perawat, ancaman isu etik dan legal terkait penggunaan data elektronik pasien dan berkurangnya kemampuan perawat dalam berfikir kritis.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat
negara atau orang penting dalam sebuah organisasi ?, contoh : President/Menteri atau
Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
Jawab : karena EMR merupakan Rekam medis untuk alat bukti tertulis utama, sehingga bermanfaat dalam penyelesaian masalah hukum, disiplin, dan etik. Apabila terjadi kebocoran maka akan berdampak buruk dan sangat merugikan, dan dapat membahayakan keamanan nasional maupun pemerintah daerah.
3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama
Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang ?
Jawab : Pemerintah harus menerapkan sistem yang mengurangi kemungkinan kebocoran informasi EMR atau yg kita sebut Rekam medis elektronik. Setiap pemakai harus memiliki PIN dan password atau menggunakan sidik jari atau pola iris mata sebagai pengenal identitasnya. Data medis juga dapat dipilah-pilah dalam arti petugas yang diberikan wewenang hanya dapat mengakses rekam medis sampai batas tertentu.
4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang ?
Jawab : Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6. Permenkes No 82 Tahun 2013 
5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun ?
Jawab : Menurut saya kurang setuju bila EMR dengan E-KTP digabungkan, karena dapat meningkatkan resiko kebocoran dan membahayakan seseorang itu sendiri. semua orang dapat mengakses data diri kita dengan begitu mudahnya.

Unknown said...

TUGAS-QUIZ-13 APRIL 2017 4512210015 Hafizh R Zaid

1. Penting karena hal itu memungkinkan untuk seketika pemeriksaan pasien perawatan sebelumnya dan informasi kesehatan medis tempat pasien pergi. Melihat catatan gabungan pasien dapat membuktikan berguna dalam banyak cara. Salah satu cara adalah bahwa pasien akan pernah diresepkan obat-obatan resep dua yang akan konflik atau berinteraksi. Hal ini juga mencegah penyalahgunaan sistem oleh pasien mana pasien dapat mengunjungi beberapa berbeda Dr ‘s untuk hal yang sama yang mencoba untuk mendapatkan beberapa skrip untuk obat-obatan narkotika sakit untuk mendukung masalah penyalahgunaan obat.
2. Apabila sampai hal itu terjadi maka akan sangat merugikan dan berbahaya, karena pada EMR terdapat informasi-informasi yang penting
3.Pemerintah harus merubah atau menambahkan sistem yang lebih baik agar mereka yang tidak berwenang tidak memiliki akses dan mereka yang berwenang memiliki akses yang sangat mudah dan nyaman.
4. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6. Permenkes No 82 Tahun 2013
5. ada baiknya untuk saat ini tidak perlu karena dengan sistem yang ada sekarang masih sangat mudah untuk di tembus

Unknown said...

1. Mengapa Electronic Medical Records (EMR) seseorang menjadi sangat penting?
JAWAB : Menurut saya sangat penting terutama bagi semua orang karena EMR bertujuan untuk mendukung dan membantu dalam pelayanan kesehatan terutama pelayanan rumah sakit agar pelayanan yang ada didalam rumah sakit menjadi lebih berkualitas dan benar-benar focus terhadap keselamatan dan kesehantan semua orang terutama pasien,Pada dasarnya EMR berfungsi sebagai alat penyimpan riwayat kesehatan bagi pasien.

2. Bagaimana dengan fenomena kebocoran informasi terutama informasi EMR para pejabat negara atau orang penting dalam sebuah organisasi?,contoh:President/Menteri atau Presiden Direktur/Ketua Partai Organisasi tertentu.
JAWAB :Sangat berbahaya sekali di karanekan dapat merugikan pihak-pihak terkait,dari data EMR yang bocor tersebut dapat mencoreng nama baik dari EMR itu sendiri dan dapat mengancam keselamatan seseorang yang EMRnya bocor.

3. Bagaimana melindungi EMR tersebut dalam sebuah organisasi dan negara terutama Pemerintah RI yang belum sadar akan pentingnya EMR seseorang?
JAWAB :Menurut saya perlu adanya badan instasi khusus atau badan pengurus keamanan untuk mengurus dan melindungi EMR pemerintah agar EMR para pejabat negara pemerintah aman dan terlindungi.

4. Adakah perlindungan terhadap EMR seseorang?
JAWAB :Dari refrensi yang saya baca ada yaitu Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis, pasal 47 UU praktik kedokteran no 29 tahun 2004, permenkes 269 tahun 2009, pasal 5 ayat 6.

5. Perlukah mengintegrasikan EMR dengan E-KTP agar bisa diketahui dan dapat diakses dimanapun?
JAWAB :Menurut saya sangat tidak setuju dikarenakan kalo saja E-kTP yang kita miliki hilang atau terjatuh maka bisa terjadinya kebocoran data EMR Kita dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.